Tuesday, September 9, 2014

Makan Siang yang Sehat dan Lezat :)

Atas saran dari beberapa orang, aku membuat blog versi bahasa Indonesia dari blog yang aku buat kemarin, supaya bisa bermanfaat untuk lebih banyak orang. Selamat menikmati...



Hal apa ya yang enak untuk dilakukan di hari Minggu siang yang cerah? Makan siang yang lezat akan membuat kita tergoda. Karena aku berusaha hidup dengan menggunakan prinsip ‘Guilt Free Delights’ (alias Makan Enak tanpa Rasa Bersalah), jadi makanan yang aku makan haruslah sehat dan lezat. Akhirnya aku memutuskan untuk makan di sebuah restoran yang menyatakan bahwa mereka menggunakan bahan-bahan yang sehat dan alami, yaitu Madame Chang di Surabaya. Setelah melihat menunya, aku memutuskan untuk memesan salad Vietnam dan untuk minumannya, aku ingin mencoba susu almond buatan mereka.

Ketika pesanannya datang, aku sangat tertarik untuk memakannya. Seperti biasa, aku melakukan satu hal yang harus dilakukan oleh seorang pecinta kuliner, yaitu foto-foto makanan dan minumannya sebelum aku nikmati hehehe...Aku share fotonya dengan kalian di sini :). Salad Vietnamnya terdiri dari selada, ayam panggang, acar tomat dan lobak, bihun, daun ketumbar, daun mint, dan ditaburi dengan kacang. Salad ini datang dengan sausnya yang asam manis, terbuat dari air, cuka, dan bumbu-bumbu. Setelah menghabiskan saladnya aku merasa kenyang dan puas. Meskipun pemilik restoran ini adalah orang Indonesia dan aku pikir kokinya pun juga orang Indonesia, tetapi mereka bisa membuatnya persis seperti salad Vietnam yang aku makan sewaktu kuliah di Amerika Serikat beberapa tahun yang lalu. Pada waktu itu, aku selalu makan salad tersebut di restoran Vietnam dan dibuat oleh orang Vietnam asli.

Aku bisa menikmati makanan ini tanpa rasa bersalah karena aku tahu bahwa makanan ini baik untuk kesehatanku, dan jangan lupa bahwa ini juga lezat dan membuat aku puas. Mari kita ingat kembali prinsip ‘Guilt Free Delights’ (alias Makan Enak tanpa Rasa Bersalah) :). Aku akan share dari sudut pandangku sebagai seorang ahli pangan dan gizi. Salad Vietnam ini terbuat dari bahan-bahan yang bermanfaat untuk kesehatan kita. Selada sebagai bahan utama untuk salad ini mengandung zat ‘flavonoid’, yang telah dibuktikan melalui beberapa penelitian bahwa zat tersebut mempunyai sifat antioksidasi. Tanpa kita sadari, setiap hari tubuh kita harus berjuang melawan banyak radikal bebas yang menyerang tubuh kita dari segala penjuru :(. Radikal bebas itu bisa datang dari radiasi ultraviolet yang dipancarkan oleh sinar matahari, polusi dari udara dan air, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, kita sangat butuh zat antioksidan untuk membantu tubuh kita melawan serangan radikal bebas. Ayam, terutama dada ayam tanpa kulit, adalah sumber protein yang baik. Seperti yang kita tahu, wortel sangat baik untuk kesehatan mata karena mengandung zat ‘carotenoid’, yaitu pigment yang menyebabkan wortel berwarna jingga. Lobak mengandung zat ‘glucosinolates’ yang dihubungkan dengan pencegahan kanker, dibuktikan melalui beberapa penelitian ilmiah.

Bagaimana dengan susu almond? Saya juga menikmatinya dengan tenang karena rasanya enak dan segar. Dengan susu almond, kita bisa mendapatkan manfaat susu tanpa perlu merasa khawatir. Belakangan ini, beberapa penemuan ilmiah menunjukkan bahwa susu sapi sebenarnya kurang bagus untuk kita sebagai manusia. Komposisi protein dari susu sapi kurang cocok dengan tubuh manusia. Jadi apa solusinya? Daripada susu dari sumber hewani, kita lebih baik mendapatkan susu dari sumber nabati seperti almond, kedelai, dan lain sebagainya.


Demikian cerita tentang makan siangku yang sehat dan lezat. Ikuti terus blog aku untuk mendapatkan tips-tips bagaimana memilih makanan Anda dengan pintar. Hasilnya, Anda bisa menikmati makanan sehari-hari, sekaligus membuat Anda sehat dan cantik. Katakan IYA pada ‘Guilt Free Delights’ (alias Makan Enak tanpa Rasa Bersalah)! :D

No comments:

Post a Comment